Waspada Penipuan

Dear Stream Community,

 

Waspada Penipuan mengatasnamakan Stream Community.

Baru2 ini atau tidak lama ini rekan2 SC pernah tuh hampir kena tipu modus via telepon.. Modusnya banyak sekali, Bisa Masalah teman/keluarga kecelakaan, modus undian berhadiah atau modus2 baru yang sekiranya tidak kita duga.

Modus yang pernah ada yaitu,

Modus 1 — Rekan2 SC ada yang kecelakaan dan si penipu pasti minta transfer sejumlah uang ataupun minta pulsa.

Modus 2 — Rekan SC ingin pinjam sejumlah uang, jika tidak berhasil maka akan minta pulsa

Jadi Mohon lebih waspada jika seseorang menelepon rekan2 SC yg si penelepon mengatasnamakan Stream Community maupun para Member-nya, sebaiknya rekan2 tetap focus tidak gugup dan langsung crosscheck dengan ketua chapter masing2 untuk verifikasi dan validasi informasi. Validasi data dan informasi tidak mengenal batas wilayah.. silahkan langsung telepon atau kirim pesan ke ketua chapter terkait.

So Keep In-touch with your gadget.. Kita bersama2 berantas penipuan yang mengatasnamakan Stream Community.

 

Berikut ada artikel dari POLRI yang sangat bermanfaat… Silahkan dibaca dan disebarkan. Thanks

http://ntmcpolri.info/tips-menghadapi-penipuan-via-telepon/

NTMC – Maraknya aksi kejahatan penipuan dengan modus menelepon si korban dengan menjanjikan sebuah hadiah dari instansi terkait. Untuk itu perlu kewaspadaan yang lebih guna mengantisipasi kejahatan tersebut. Berikut ini adalah trik dan tips saat menerima telpon yang dilakukan oleh sang penipu.

1. Terima telpon seperti biasanya, jangan terbawa atau terpengaruh dengan pembicaraannya. Usahakan jangan gugup dan cepat percaya.

2. Tanyakan nama penelpon dan alamat instansi. Ini memudahkan anda untuk mengecek kebenaran penelpon.

3. Bila penelpon minta nomor rekening, bilang saja kalau anda orang desa dan tidak punya buku tabungan.

4. Bila penelpon bermaksud memberikan hadiah jutaan atau milyaran rupiah dan tetap meminta nomor rekening anda. Anda tetap jawab kalau anda orang desa dan tidak punya buku tabungan. Dan jawab saja “ kalau biasanya saya dapat kiriman uang, lewat wesel.”

5. Jika penelpon mengatasnamakan dari reserse atau dari kepolisian dan menangkap saudara atau kerabat anda karena kasus tertentu dan sekarang sudah berada dikantor kepolisian. Anda jangan langsung percaya, minta nama, pangkat dan jabatan serta kesatuan penelpon.

6. Jika penelpon marah marah, anda cukup menjawab “mohon maaf pak, kenapa bapak malah marah marah. Nanti saya akan ke kesatuan bapak beserta kerabat saya.

7 Bila penelpon bisa mengusahakan kasus tersebut bisa diselesaikan dengan uang dan meminta nomor rekening anda. Anda cukup menjawab akan saya beri kontan atau anda tidak punya uang. Jangan sekali kali memberikan nomor rekening pada penelpon.

8. Tutup telpon dan hubungi nomor telpon kesatuan yang disebutkan penelpon. Cari tahu kebenaran penelpon, ada tidak kasus yang melibatkan kerabat anda yang disebutkan penelpon gelap. Jika tidak benar, anda tentu sudah mengetahui bahwa penelpon tersebut hanyalah penipu.

10. Bila penelpon gelap tersebut menelpon kembali, jawab saja saya sudah telpon ke kesatuan namun tidak ada. Atau biarkan saja dengan cara mematikan Hp anda

3 thoughts on “Waspada Penipuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *