October 8, 2014

Style – Impian Sejak SMA

Dear Stream Community,

Kali ini ulasan dari Om Ishwar Singh Salah satu member SC chapter Riau yang pada tanggal 4 Oktober mejeng di Koran Riau Post. Simak ya ulasanya yang panjang dan komplit. Satu lagi ini adalah salah satu cita2 yang tercapai. Tetap semangat ya rekan2 SC!!!
Ishwar

IMPIAN SEJAK SMA

Berhasil mewujudkan impian adalah kepuasan yang terus dapat dirasakan dan dibanggakan, terutama bila bia terwujud lebih cepat dari yang dibayangkan.

Beginilah cerita penghobi modifikasi mobil pekan ini.

MANESHWAR Singh lebih akrab di sapa di kalangan teman-temannya sebagai Ishwar Singh memiliki penampilan keseharian seperti orang biasa saja. Namun untuk urusan tunggangan, Ishwar tidak mau setengah-setengah. Maka pada sebuah kesempatan, Ishwar memperlihatkan Honda Stream beraliran street racing-nya yang sudah full modifikasi sesuai keinginannya.

Ishwar memilih karena mudahnya mobil ini dimodifikasi, mau gaya elegan atau street racing sama-sama mudahnya. Maka dari awal dia memilih mobil jenis minibus ini. Sementara mobil yang dibawanya kepada Riau Pos, malah sudah merupakan Stream yang kedua, tipe Gen 2. Ia menuturkan, memiliki mobil Stream adalah impiannya sejak SMA.

“Stream ini cita-cita saya dari SMA, karena untuk dimodifikasi itu lebih mudah dan lebih pas. Apakah mau elegan atau mau street racing juga ok. Lagipula ini minibus yang cukup nyaman di kelasnya,” ujar lajang warga Jalan Duyung , Pekanbaru ini.

Ishwar merasa puas, apa yang diinginkannya bisa terwujud. Bisa dilihat, mobil dengan clear hijau muda merona ini sudah full modifikasi dari pangkal ke ujung dan dari bagian atas ke bagian yang paling bawah, serta luar dalam.

Mulai dari velg yang menggunakan jenis TE37 dengan ring 18 yang kokoh, diperkuat dengan ban lebar 8 dibagian depan, lebar 9 pada bagian belakan. Ini untuk memperkuat kesan mobil balap, yang memiliki velg kokoh dan sangar.

Penampilan ini dipercantik dengan cat yang mengkilap dan terjaga warna cerahnya. Untuk urusan kecerahan, Ishwar tidak tawar-tawar. “Minimal tiga hari harus cuci sekali, tiga bulan sekali juga dipoles lagi lewat salon. Untuk perawatan permukaan bodi dan cat, saya sudah punya langganan sendiri yang bisa dipercaya,” terangnya. Ishwar mempercayakan salon dan cuci mobil kesayangan di R2 Platinum di Jalan Lebak, meskipun rumahnya jauh di Jalan Duyung.

Untuk menguatkan aroma street racing, Ishwar mengganti lampu standar dengan lampu depan dan fog lamp dengan HID Auto Vision. Untuk grill depan menggunakan Mugen. Hal ini akan menyelaraskan warna clear mobil yang menggunakan spiece hecker.

Sementara itu, pada bagian interior juga sudah full modifickasi. Mulai dari jok yang menggunakan Sparco untuk mendapatkan kesan mobil balapnya. Warna merah menyala menjadi pilihan untuk membuat kontras dengan warna bodi yang hijau muda mengkilap. Karpet dasar juga dibuat senada dengan warna jok yang juga warna merah.

Masih pada bagian dalam, setir dan handle gigi Ishwar mempercayakan merek Momo, sementara panel audio dicat sesuai warna body, begitu juga panel pintu yang sudah pakai bahan recaro yang juga dicat sesuai warna body.

“Untuk kaca film sengaja bening untuk menonjolkan bagian interior yang sudah dimodifikasi. Kalau gelap percuma aja kan dalamnya didandani, tapi karena itu parker juga pilih-pilih juga jadinya untuk keamanan,” katanya tersenyum.

Tidak berhenti disitu saja, untuk menuntaskan modif mobil impiannya sesuai gaya street racing, Ishwar menggunakan knalpot HKS untuk mendapatkan suara gelegar.

Dengan terpenuhi semua keinginannya ini, maka impiannya sejak SMA ingin punya Stream modifikasi pun tercapai dengan sempurna. Maka pada November 2014 ini, dirinya berniat mengikut sertakan mobilnya untuk ajang kontes mobil di Kota Medan.

 

Ishwar 1

Ishwar 2

 

RELA ROGOH KOCEK DALAM-DALAM

Untuk alasan cita-cita dan impian orang akan rela melakukan apa saja untuk mewujudkannya. Apalagi cita-cita ini juga berkaitan erat dengan hobi sang empunya. Alasan ini pulalah, Ishwar Singh tidak ragu-ragu dan tidak masalah mengeluarkan uang banyak-banyak, asalkan dia mendapatkan setiap rupiah yang dibayar untuk impiannya.

Ishwar memang baru Sembilan bulan terakhir bersama Honda Stream Gen 2 miliknya, namun untuk memolesnya menjadi street racing yang tetap bisa dibawanya sehari-hari dia membutuhkan waktu dua bulan. Dua bulan bukan waktu yang lama untuk menyelesaikan sebuah modifikasi ini, namun karena alasan kemantapan dan biaya, Ishwar rela bersabar.

“Dua pekan itu hanya untuk proses pengecatan saja, memang butuh proses. Karena kalau sekali langsung selesai memang sulit, sebag ini semua perlu dimodifikasi satu-satu. Lagi pula mobil ini saya bawa sehari-hari,” cerita Ishwar.

Ishwar mengaku, tidak satupun bagian mobil yang dilewati untuk dimodifikasi. Semua mendapat sentuhan dari Creative Auto Modified, bengkel modifikasi milik abang kandungnya sendir yang juga berada di Jalan Duyung, dekat kediaman Ishwar.

Dia mengaku menghabiskan waktu sampai dua bulan, ini sudah termasuk mengerjakan velg, ban, cat, jok, karpet, knalpot dan sejumlah titik yang lain.

Sekitar dua bulan proses modifikasi itu, Ishwar mengaku sudah menghabiskan sekitar Rp.33 juta. Uang ini disebutkannya sebagai uang tabungan sendiri, hingga proses modifikasipun jadinya pelan-pelan, berapa ada uang lalu dikerjakan. Apakah yang sebanyak itu memberatkannya?

“hobby ini tidak bisa ditolak, apalagi ini sudah jadi cita-cita saya. Ya, selama masih lajang dan daripada uang tidak jelas lari kemana, bagus ke mobil aja kan. Bisa dilihat sendiri bisa dinikmati setiap hari,” tutup pria yang sehari-hari bekerja untuk Astra Isuzu Pekanbaru ini.

Ishwar 3

 

RINGAN DAN BERMANFAAT

Kecuali Anda memberli mobil yang dibuat special untuk Anda, maka besar kemungkinan akan banyak hal yang Anda harapkan tidak tersedia di mobil. Itu karena mobil dibuat secara umum, tanpa bisa memenuhi keinginan masing-masing individu.

Namun ada beberapa aksesori ringan yang bisa membantu kenikmatan Anda berkendara tanpa membuat bahaya. Berikut beberapa item tersebut.

 

Kaca Film

Beruntunglah, pemerintah Indonesia masih mengizinkan Indonesia masih mengizinkan pemakaian kaca film. Pakailah aksesoris ini untuk mengurangi panas masuk kabin serta meningkatkan keamanan. Namun harap diperhatikan, sebisa mungkin memakai kaca film tak lebih dari 60 persen untuk kaca samping. Sementara untuk kaca depan kami hanya merekomendasi tipe clear, supaya tak mengganggu visibilitas.

 

Audio

Jika anda tidak membeli mobil premium, maka besar kemungkinan suara yang dihasilkan system audionya tergolong biasa saja. Mengganti audiopun jadi pilihan logis. Sebaiknya Anda mengganti audiao dengan aliran SQ (Sound Quality), bukan sekedar tenaga kuat yang bising. Kualitas merdu serta lagu yang tepat diyakini bisa membuat emosi lebih stabil di jalan.

 

Peredam Suara

Beberapa mobil masih mengalami isu peredaman suara dari mesin dan ban. Untuk kedua hal ini bisa diatasi dengan memasang peredam suara aftermarket. Namun bila sumber kebisingan terjadi karena besarnya kaca di mobil, maka tak banyak yang bisa dilakukan.

 

Velg dan Ban

Selama Anda hanya menaikkan 2 inci dari ukuran standar, maka membesarkan pelek masih bisa terbilang aman. Melebarkan ban 10-20 mm juga masih dapat dilakukan. Pilih pelek yang offset-nya mirip dengan aslinya, serta ban yang berkemampuan minimal setara.

Karpet

Bila Anda sering ke tempat kotor yang berdebu atau berlumpur, sebaiknya memakai karpet dari bahan yang mudah dicuci. Karena bila karpet standar mobil Anda beludru, maka bukan hanya sulit dibersihkan, tapi juga dapat membekas yang tak bisa hilang.

 

Klakson

Untuk mobil seharga Rp.200 juta ke bawah, masih banyak yang menggunakan klakson tunggal dengan bunyi mengecewakan. Anda disarankan untuk menggantinya dengan klakson ganda aftermarket. Selain bisa lebih nyaring saat memperingatkan kendaraan lain, suara lebih berwibawa juga memberi kesenangan tersendiri. Tapi jangan memakai tipe yang suaranya terlalu keras hingga mengganggu.
Lampu Kabin/DRL

DRL merupakan kewajiban saat ini di Eropa. Lampu depan putih LED yang menyala di siang hari itu memberikan pengendara lain awareness lebih terhadap mobil anda. Bila belum menggunakan, mobil Anda bisa diberi DRL aftermarket. Selain itu, mengganti lampu kabin dengan tipe LED juga akan membuat lebih tenang dan mudah untuk mencari barang di kabin pada malam hari.

 

Navigasi GPS

Bila Anda berada di kota besar, maka panduan navigasi GPS akan sangat berguan ketika mencari alamat.
Demikian ulasan dari Riau.. Ditunggu ya ulasan2 dari rekan2 SC dimanapun berada. #BravoSC

Versi E-papernya ada disini http://issuu.com/riaupos/docs/2014-10-04?e=1083909/9587183#

Salam

@Streamcommunity

Follow us on Instagram @streamcommunity

Facebook, LINE, Zello, WhatsApp and Web Forum

 

LINE_1411365084300

8 thoughts on “Style – Impian Sejak SMA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *